Kudapan tempo dulu…

jaman2nya sd dulu klo pulang sekolah selalu ada segerombolan anak2 yang lasung mnuju abang2 gimbot …dan ada jg segerombolan anak2 yang langsung ke warung bwt bli jajan…pada kesempatan kali ini mari kita membahas team bubaran sekolah yang nomer dua…

adapun makanan itu terdiri dari :

makanan2.jpg

 

No Nama makanan   Penjelasan singkat
1.
Pocky : batang wafer dengan lapisan cokelat
2.
Astor : cokelat dalam wafer
3.
Mari regal : biskuit
4.
Taro snack : snack seperti kerupuk
5.
Chiki : snack
6.
Nyam nyam : stik wafer dengan coklat colek
7.
Cokelat Superman : batangan cokelat dengan wafer
8.
Cokelat Ayam : batang cokelat
9.
Anak Mas : mie keras dengan bumbu
10.
Choki choki : coklat cair
11. Sugus : permen
12.
Chiki cokelat bar : batang coklat dengan wafer
13.
Beng beng : batang coklat dengan wafer
14. Pagoda pastiles : permen
15. Mr Sarmento : permen rasa sarsaparilla
16. Nano Nano : permen rasa manis asam asin.

POCKY

Stick wafer belapiskan coklat ini juga hadir dalam rasa strawberry, tetapi yang paling digemari adalah rasa coklat. Produk ini sangat pintar, karena dengan bahan baku coklat yang sedikit para konsumen (yaitu anak kecil) akan merasa kalau mereka mendapatkan begitu banyak coklat, padahal itu gara2 stick batangan dan coklatnya hanya dibagian lapisan luar saja.

 

ASTOR

Kalo buat acara acara arisan sama ulang tahun, biasanya makanan ini hadir juga. Dan paling cepet abis juga. Soalnya makanan ini enak banget buat digado. tapi sekarang lo kalo ke supermarket pasti bakal nemuin makanan yang mirip mirip Astor, tapi tetep deh astor yang debes.

 

MARIE REGAL

Waktu kecil, minta beli biskuit mari regal yg gede bgt, soalnya bungkusnya yg berbentuk kaleng kaya drum gitu, bisa dijadiin mainan buat perkusi-perkusian. Biskuit bulet ini, kalo dimakan dimulut, terus mulut lo banyakin ludahnya, jadinya *ngesss gitu, kaya larut dimulut lo, dan itu enak banget. Dicelup di susu, teh atau kopi juga enak banget, jadinya biskuit itu lembek, dan musti dibantu pake sendok makannya.

Mungkin salah satu kepopuleran pruduk ini waktu kita kecil karena marketingnya yang bagus, mereka memasang iklan di bioskop sebelum film dimulai dengan adegan sekumpulan orang orang yang sedang memanjat gunung, dan ketika mereka sampai puncaknya mereka memakan biskuit ini sebagai tanda perayaan.

Siapkan teh manis anget-anget pas


Lalu ambil 2 keping biskuit marie regal

Celupkan kedalam teh manis anget tadi

Lalu kalo udah lembek jadi enak banget…empuk abis

TARO SNACK

lo tahu kan, TARO itu singkatan dari apa ? Tanggung Asik Rasa Ogut…..hehehhee, aga aneh kedengerannya, dan kita juga ga tau sebenarnya arti sebenarnya dari kepanjangan itu apa. Bentuknya kotak-kotak jaring, gurih dan enak. TARO muncul dalam 3 rasa, Ayam, BBQ, dan Rumput halaman eh laut.
Taro juga bisa dijadiin alternatif lain sebagai pengganti kerupuk enak untuk dimakan bersama nasi. Jadi intinya kalo lo doyan makan nasi sama kerupuk, berarti TARO bisa jadi cukup menghibur.


CHIKI

Chiki, makanan anak Indonesia katanya. Bola bola snack ini hadir dalam tiga rasa, coklat dan keju dan rasa ayam. Kini chiki mencoba mengikuti perkembangan jaman, hingga si ayam kuningnya memakau kostum robot-robotan (nice work smartass!)

Chiki juga suka menyelipkan hadiah mainan didalamnya yang biasa dikoleksi oleh anak anak. Mungkin sebagian anak anak juga tidak peduli dengan mainan yang biasanya benar benar tidak berguna itu. Mungkin akan lebih baik kalo biaya produksi mainan itu di alihkan ke jumlah bola bola makanan tersebut.

 

NYAM NYAM

Emang sesuai namanya, makanan ini emang enak bgt buat dicemil sambil nonton kartun. Bentuknya cup gitu, terus atasnya bisa lo buka, terus ada 2 bagian. Coklatnya sama stik-stiknya. lo ambil stiknya, terus olesin di coklatnya pake perasaan. Karena intinya orang beli makanan ini ya enak dicolekin stik ke coklatnya itu. Hal yang paling sering terjadi kalo lagi makan coklat ini adalah kalo misalnya stiknya itu udah abis, tapi coklatnya masih banyak kan sayang banget tuh? Solusinya ya dengan mencolek coklat tersebut pake jari lo.


Ritual makan nyam-nyam yg asik dimulai…buka bungkusnya pelan2…sambil liat cokelatnya
yang belepotan ditutupnya…hmmm enak…


Lalu, ambil 1 batang dari stiknya itu, terus pelan-pelan colekin ke cokelat itu tadi, lalu angkat hingga coklatnya ga ada yg netes kebawah lagi…lalu makan….haummmm…


Stik sudah habis…tapi jangan panik..coklat masih banyak bisa lo colek

 

 

COKELAT SUPERMAN


Coklat mungil ini sempet merajai kantin jajanan sekolah sampai sekitar tahun 1996. Enak digigitnya *kres gitu bunyinya. Tapi hati2! Seragam bisa jadi kotor, soalnya banyak remah2nya yg bisa jatuh ke seragam. Kalo lo punya duit lebih, enakan beli sekaligus 1 bungkus plastik, isi 6 biji. Lumayan bisa buat ngiri temen-temen.

Coklat ini lumayan dipakai sebagai objek buat ngerjain ade kelas yg baru masuk, misal : suruh nyari coklat supermen yg si supermennya lagi madep ke kiri dan sebagainya.Coklat itu soalnya juga udah lumayan susah di cari.

Dahulu nama coklat ini cokelat superman, tetapi entah kenapa coklat ini mengganti namanya menjadi cokelat superstar (mungkin karena keuntungan dari menjual coklat ini tidak dibagi dengan pihak DC Comics dan akhirnya mereka menuntutnya? hehe)

Bagi tukang minta makanan orang (parasit), coklat ini lumayan sering diminta-minta.


Dulu lambang di dada pria yang sedang terbang pada kemasan tersebut adalah logo khas superman,

tetapi sekarang sudah menjadi gambar bintang

 

COKELAT AYAM


Modal cepek / Rp.100 (jaman dulu mayan mahal tuh cepek),lo bisa dapet 1 buah coklat ayam ini. Bungkus coklat ini terbuat dari kertas putih cap ayam yg alus, dan begitu dibuka, ada sebuah coklat mini yg masih dibungkus aluminium foil itu.

Coklatnya empuk-empuk enak gitu pas digigit, terus abis makan ini mendingan jgn kebanyakan senyum ke cewe deh, soalnya di gigi lo pasti ada coklat-coklat yg masih sisa nempel.
Karena coklat ini sudah aga susah untuk di temukan, coklat ini lumayan sering jadi PR oleh para seniornya bagi anak anak yang lagi ikut MOS (Masa Orientasi Siswa) dan Penataran bagi siswa baru.


Coklat yang ini enak dimakan karena empuknya.

 

ANAK MAS


Tiap guru di sekolah pasti punya anak mas. Tapi murid-muridnya jg ga mau kalah, mereka juga jadi beli anak mas juga…(ga jelas abis uhuhuh).
Beli dikantin, harganya sekitar 300-600 perak, lalu lo buka bungkusnya, tuang bumbunya, terus kocok-kocok sambil bunyi *kresek *kresek gitu, abis itu dimakan…ehmm..enak. Gurih-gurih asik gitu. Makannya bisa langsung dari bungkusnya ditegak gitu, ato pake tangan. Enaknya pake tangan, abis makan itunya, lo masih bisa jilat-jilat jari lo yg masih ada rasa bumbu gurihnya itu.
Tapi jgn kebanyakan makan bumbunya doang, soalnya konon, menurut guru dan orang tua, mereka sering ga ngasih anaknya makan ginian, soalnya mengandung banyak glutamat / mecin, yg bisa bikin lo jadi lemot.

Dan sesuai tulisan yang ada di bungkusnya, Anak Mas sangat cocok untuk santai, piknik dan acara ulang tahun. Wah, kalo kalian berulang tahun bisa tuh undang temen temen kalian ke rumah dan makan Anak Mas bersama-sama .


Buka bungkusnya, taruh bumbu mecinnya…

CHOKI CHOKI

Panjang, coklat, berisi, dan enak diemut..apakah itu ? Biasa ini dapet kalo lo dateng ke pesta teman lo ketika masih kecil, terus pas pulangnya dibagiin keranjang-keranjangan gitu. Nah ada deh yg panjang ini, lo gunting / gigit ujungnya, terus taruh dimulut, sambil disedot / tarik pake tangan dari ujung satunya…*srott enak bgt, coklatnya kaya ngalir dimulut gitu. Di kantin sekolah lumayan sering ada, tapi ga selalu ada di tiap sekolah.

Tips-tips untuk menikmati choki-choki:
-Sebelum dimakan, choki-chokinya ditaruh terlebih dahulu di kulkas, terus dingin-dingin lo makan..enak bgt, agak-agak keras tapi dingin coklatnya.
-Gunakan choki-choki saat memakan roti tawar.
-Taruh choki-choki di salah satu bagian tubuh pacar lo, lalu makanlah tanpa bantuan tangan.


PERMEN SUGUS

Ini lumayan permen favorit buat dimakan di sekolah, apalagi sebelum bel istirahat abis, beli sugus cepek, dapet 3 (dulu), terus kantongin deh, jadi selama pelajaran bisa kita makan. Terus bau mulut kita jadinya wangi gitu gara-gara aroma buahnya.
Udah gitu, bungkusnya jangan dibuang, kita bisa buat main bunyi-bunyian yg nyaring gitu, jadi bungkusnya diregangin, terus dipegang ujung2nya pake 2 jari sampai tegang, lalu tiup disitu.
Tapi sayangnya, bentuk permen yg bungkusnya bisa buat main tiup2an itu bukan yang kaya gini, melainkan permen sugus yg klasik, yg bungkusnya kaya permen standar.

 

CHIKI COKELAT BAR


Bila kalian menyimak tulisan tulisan kita sebelumnya, logo chiki balls yang asli bisa dilihat pada bungkus coklat batangan ini, dimana dia belum memakai kostum luar angkasa. Coklat ini biasa dibeli oleh 2 orang, karena isinya 2 jadi mereka bisa patungan terus isinya dibagi untuk berdua. Rasanya pun juga enak.

 

BENG BENG


ASIK BERAT!! BENG BENG!! Terimakasih untuk Beng-beng, karenanya waktu itu untuk beberapa saat kata kata tersebut selalu ter-ngiang-ngiang dikepala anak anak. Tapi berbicara tentang rasanya coklat ini cukup enak, 3 kelezatan sekali gigit! Karamel, crispy dan coklat asli. Tapi terkadang kalo beli coklat ini diwarung suka menyebalkan! Mungkin karena cuaca kita yang panas, kadang-kadang coklatnya udah lumer kemana-mana pas dibuka, jadinya makannya aga kurang seru dan coklatnya banyak ketinggalan dikemasannya.


Ketawan, belinya di warung rokok ya, meleleh gara2 panas

 

PAGODA PASTILES


Sekilas mirip pecahan besi / batu bentuknya, namun setelah dihisap bisa bikin napas jadi lega dan agak pedes dikit hidung. Tapi enak.
Biasa kl dikantong temen lo ada benda-benda logam, terus kalo dia jalan bunyi *krecek *krecek gitu, kemungkinan dikantong dia lagi ada pagoda pastiless itu. lo minta aja sama dia, pasti dikasih, soalnya dengan makan 1 ato 2 biji udah lumayan cukup, jadi yg punya ga bakal rugi.

 

MR.SARMENTO


Permen rasa Sarsaparilla. Entah apapun Sarsaparilla itu tetapi permen ini cukup dinikmati kita saat kita masih SD. Iklannya pun sempet sering banget diputar di tivi.

 

NANO NANO


Manis asam asin! Ramai rasanya!
Seperti mottonya memang nano nano cukup ramai rasanya, bayangkan saja dalam satu butirnya lo bisa ngerasain rasa manis, asam dan asin secara bersamaan. Kita juga kurang tau apa menariknya permen ini yah! Tapi sepertinya bagi anak kecil mencoba yang aneh aneh itu menyenangkan! Sama seperti orang yang sedang beranjak dewasa juga suka melakukan atau mencoba yang aneh aneh kan? Hehehe.

~ by Anthony on March 15, 2008.

5 Responses to “Kudapan tempo dulu…”

  1. DASAR ANAK GEMBUL! Asli lo yah… Gw ngikikngikik banget bacanya! Tapi yang ini NISTA banget deh… “-Taruh choki-choki di salah satu bagian tubuh pacar lo, lalu makanlah tanpa bantuan tangan.” HAAHAIAHAIHAI..

    KETAUAN YAAAAAAAAAAA… Ketauan kamu kebanyakan mecin!!😆

  2. aduuuhhh..anak mas en coklat superman en coklat ayam jagonya gw banget!!!
    kemaren pas maen sama ponakan saya sampe borong yang namanya mie kremes karena rasanya ngingetin saya sama anak mas ini..ada dimana ya sekarang anak mas?

  3. Somehow i missed the point. Probably lost in translation🙂 Anyway … nice blog to visit.

    cheers, Tyler!

  4. trus gw pgn beli nak mas???
    dimana gw bs beli???

  5. …:::4R untuk anak cucu kita:::…

    Reuse, Recycle, Reduce, Replant

    Reuse adalah pemakaian kembali barang bekas sedangkan
    Reduce adalah pengurangan dalam pemakaian barang-barang non-

    organik atau organik, contoh nya pengurangan pemakaian

    Listrik, Plastik sampah, dll.
    Recycle adalah menggunakan kembali barang-barang bekas menjadi

    PRODUK BARU, contoh nya botol jadi vas bunga, siapa tau itu

    bisa jadi modal usaha kita karna kreativitas-an kita terasah.
    Asyik gak tuh, gampang kan sebenernya?
    Replant juga sebenernya patut dilakukan loh, mengingat banyak

    hutan yang udah ditebangi jadinya gundul. Dengan menanam 1

    pohon saja, kita bisa menyumbangkan oksigen ke dunia loh!

    Bangga kan? Asal pohon-nya dirawat ya!
    Ayo Semuanya jaga bumi kita yang udah tua ini ya, biar makhluk

    hidup di dunia ini bisa tetap hidup!
    Masih sayang sama bumi kan?

    :::GO GREEN:::

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: