PROXY SERVER…

Menyedihkan sekali salah satu situs favorit download film yang sering saya kunjungi (indowebster.com) di blokir oleh pihak kantor😦 , mungkin hal yang sama pernah terjadi juga pada anda dimana situs kesayangan anda tidak bisa diakses namun ditempat lain bisa ( a.k.a menyebalkan ) Setelah diselidiki ternyata pihak kampus hanya menerapkan blokir range IP di kantor terhadap IP indowebster, jadinya dengan sedikit usaha untuk mengakalinya, kegiatan download bisa di hidupkan kembali dengan normal :-) horay…

Salah satu caranya cukup dengan mengganti settingan proxy server di browser, proxy itu sendiri bisa didapatkan dengan mudah berkat bantuan mbah google dengan kata kunci sederhana seperti ” free proxy servers “.
Dalam hasil pencarian, bisa dilihat banyak sekali situs – situs yang menampilkan daftar proxy server yang terdeteksi dan bisa digunakan.

Sebagai contoh, anda bisa melihat situs http://www.proxy4free.com, http://www.multiproxy.org, http://www.proxz.com dan banyak lainnya. Kalo sudah dapat tinggal masukan IP dan port yang didapat pada settingan proxy server di browser kalo berhasil tentunya anda akan bisa mengakses situs yang tadinya terblokir.
Namun seringkali proxy server gratis diatas hanya bisa digunakan sebentar saja atau kecepatan koneksi anda menjadi lambat yang mengakibatkan gagalnya koneksi hal ini disebabkan kecepatan koneksi internet anda tergantung pada proxy server yang anda gunakan tadi. Jadi perlu sedikit waktu untuk mencari – cari dan mencoba proxy server mana yang koneksinya cepat.

Waktu anda yang berharga mungkin akan terbuang percuma sampai anda menemukan proxy yang tepat untuk digunakan, tidak heran akhirnya banyak aplikasi dibuat untuk memudahkan pekerjaan pengecekan dan pemanfaatan proxy ini agar bisa berlangsung dengan lebih otomatis.

1. SocksChains ( http://www.ufasoft.com/socks )
Pada saat dijalankan aplikasi ini akan membuat sebuah proxy di lokal komputer anda pada port 1081. Anda bisa juga melihat proxy – proxy yang digunakan oleh proxy chains dengan mengklik icon proxy manager. Selanjutnya, anda perlu mengubah settingan browser, contoh pada IE, ubah menu Tools -> internet options -> connections -> LAN settings -> Proxy server. Isilah dengan alamat shockChains yaitu 127.0.0.1 dengan port 1081.
Setelah melakukan setting, kini anda bisa menjalankan aktifitas browsing seperti biasa.

2. Super Proxy Helper ( http://www.igoodsoft.com )
Salah satu keunggulan program ini dalah fasilitas konfigurasi otomatis yang sangat membantu anda dalam aksi gonta ganti proxy pada browser anda. Dengan memilih salah satu proxy yang ada didalam daftar kemudian klik tombol “auto config” browser secara otomatis akan dikonfigurasi dengan proxy yang anda pilih.

3. Proxy Switcher ( http://www.proxyswitcher.com )
Aplikasi ini dilengkapi dengan video tutorial saat melakukan instalasi sehingga anda bisa langsung memahami bagaimana menggunakan program ini. Konfigurasi juga secara otomatis dilakukan, untuk berpindah dan menggunakan proxy lainnya anda tinggal mengklik 2 kali proxy tersebut dan konfigurasi proxy browser secara otomatis berubah.

Selamat mencoba cara yang mana menurut anda lebih disukai, manual / otomatis. Namun, sekali lagi koneksi internet anda tergantung dari proxy server yang digunakan.

~ by Anthony on June 17, 2009.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: